Pengalaman dan Perspektif Para Pembelajar dalam Interaksi Akademik Jarak Jauh dalam Webinar Bahasa Arab

Sejak permulaan tahun 2020, hampir semua kegiatan akademik tatap muka yang melibatkan peserta secara massal dibatalkan karena alasan kesehatan dan keselamatan yang disebabkan oleh wabah pandemi Covid-19. Semenjak itu, webinar (seminar berbasis web) tiba-tiba menjadi kegiatan yang sangat terkenal di kalangan pelajar.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan perspektif para peserta dalam interaksi akademik semacam ini, khususnya dalam kegiatan webinar tentang bahasa Arab (bahasa, sastra, dan pengajarannya). Karena interaksi daring semacam ini telah menjadi tren diterapkan secara masif oleh hampir semua institusi, tentu mengamatinya melalui survei kepada para peserta bisa menjadi sebuah penelitian yang signifikan.

Untuk itu, kami menggunakan metode campuran (kuantitatif dan kualitatif-deskriptif) untuk mengeksplorasi perspektif peserta sekaligus menggambarkan pengalaman mereka. Dimulai dengan menyajikan olah data dari hasil survei, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menyajikannya secara sistematis.

Berdasarkan pengalaman mereka, diketahui bahwa webinar bahasa Arab yang diadakan oleh berbagai akademi dan lembaga bahasa Arab di seluruh penjuru dunia dinilai cukup efektif dan efisien. Walaupun masih banyak kendala dan kekurangan, terutama dari segi teknis, seminar berbasis web semacam ini bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran bahasa Arab yang menjanjikan terutama saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Sebagian besar peserta merasa puas dengan kinerja dari institusi yang mengadakan webinar berbahasa Arab tersebut.

Untuk lebih lengkapnya silakan dapat membaca artikel berikut: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ijazarabi/article/view/15686

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *