Dalam kurikulum pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi, media massa Arab biasanya digunakan sebagai objek materi dalam pembelajaran keterampilan berbahasa tingkat lanjut. Namun demikian, masih minimnya bahan ajar pendukung bahasa Arab untuk pembelajaran media massa yang dikembangkan oleh para ahli, khususnya dengan pendekatan berbasis proyek.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik bahasa Arab pada media massa dan merancang hasil kajian tersebut menjadi sebuah produk berupa bahan ajar berbasis proyek untuk mata kuliah bahasa Arab media massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan karakteristik bahasa Arab untuk media massa dan kegiatan pembelajarannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa register bahasa Arab yang digunakan di media massa umumnya adalah Bahasa Arab Standar Modern, terutama di bidang pendidikan, media massa (cetak maupun online), sastra, pidato, dan bentuk-bentuk komunikasi resmi lainnya. Dari segi tingkat kesulitan, bahasa Arab media massa termasuk tingkat lanjut karena kerumitan pilihan kata, istilah teknis, struktur, dan isi.
Selanjutnya, hasil penelitian dikembangkan dalam sebuah desain pembelajaran berbasis proyek, termasuk di dalamnya penulisan reportase, artikel opini, dan iklan, serta beberapa analisis kebahasaan yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis proyek dalam bahasa Arab untuk mata kuliah media sangat diperlukan karena berpotensi meningkatkan partisipasi, aktivitas, dan produktivitas mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.
Untuk membaca lebih lengkap dari hasil penelitian ini, silakan bisa diakses melalui tautan berikut: https://www.atlantis-press.com/proceedings/isolec-22/125985717