Mendesain Modul Pembelajaran Pragmatik Arab Berbasis Hasil Riset Seputar Kesantunan Berbahasa

Kesantunan dalam bahasa Arab sudah banyak dikaji dan dipublikasikan di berbagai jurnal dan dipresentasikan dalam berbagai konferensi. Namun, hingga saat ini, hasil-hasil kajian tersebut belum disusun secara sistematis dan dimanfaatkan secara maksimal sebagai sebuah modul atau bahan ajar.

Di sisi lain, modul atau bahan ajar pragmatik bahasa Arab, khususnya mengenai prinsip dan strategi kesantunan berbahasa, nampaknya masih belum banyak mengacu pada hasil kajian terkini, padahal hasil-hasil kajian tersebut dapat dijadikan dasar dalam konteks penerapan, pengujian, atau bahkan pengembangan kerangka teoretis tentang kesantunan dalam bahasa Arab.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang modul pembelajaran pragmatik bahasa Arab khususnya seputar kesantunan berbahasa Arab dengan memanfaatkan hasil-hasil kajian tersebut. Harapannya, desain pengembangan modul pembelajaran berbasis hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya bahan ajar pragmatik Arab dengan temuan-temuan terkini.

Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa penelitian tentang kesantunan dalam bahasa Arab sudah banyak diterbitkan, baik dalam jurnal ilmiah maupun repositori digital. Hampir semua penelitian tersebut mengacu pada kerangka teori prinsip kesantunan yang dikemukakan oleh Leech, serta strategi kesantunan yang dikemukakan oleh Brown & Levinson.

Meskipun keduanya merupakan kerangka teori yang relatif kuno, tetapi tampaknya keduanya masih relevan untuk diterapkan oleh beberapa peneliti hingga saat ini. Selanjutnya, kajian sistematis dari hasil kajian tersebut disusun dan dirancang menjadi modul pembelajaran pragmatik bahasa Arab, khususnya pada topik pembelajaran tentang prinsip dan strategi kesantunan berbahasa.

Untuk lebih lengkapnya silakan dapat membaca artikel berikut: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim/article/view/20235

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *