Evaluasi Pembelajaran dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab

Dalam sistem pembelajaran bahasa Arab, evaluasi atau penilaian merupakan bagian integral dan sangat penting. Evaluasi atau penilaian bukan saja berfungsi untuk memberikan informasi tentang keberhasilan atau kekurangan proses dan hasil belajar saja, melainkan juga sebagai feedback untuk perbaikan sistem pembelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut, maka Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang menginisiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) yang berjudul “Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab”. Adapun salah satu luaran dari kegiatan tersebut adalah berupa book chapter kumpulan materi dari para narasumber serta pengalaman dari para peserta pelatihan terkait evaluasi dan pengembangan tes interaktif pembelajaran Bahasa Arab.

Book chapter ini tediri dari tujuh (7) tulisan seputar evaluasi dan pengembangan tes interaktif bahasa Arab. Adapun judul dari tujuh tulisan tersebut adalah

  1. “Hakikat dan Karekteristik Penilaian (Tes) yang Baik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Interaktif ” oleh Moh Ainin,
  2. “Perencanaan dan Pelaksanaan Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab” Irhamni
  3. “Tes Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Arab” oleh Mohammad Ahsanuddin
  4. “Penerapan Berbagai Model Tes Interaktif dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab” oleh Muhamad Lukman Arifianto
  5. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media Hijaiyyah Box” oleh Khoirin Nikmah
  6. “Evaluasi HOTS Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbasis Emotional Intelligences” oleh Mohammad Sofi Anwar
  7. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah Berbasis Aplikasi Android” oleh Nurul Fitria.

Untuk membaca book chapter tersebut silakan dapat mengunduh secara gratis melalui tautan berikut: https://www.researchgate.net/publication/358727541

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *